Sriwedari, Tempat Hiburan Sekaligus Bermain Wong Solo yang Kini Tinggal Kenangan

Taman hiburan rakyat (THR) Sriwedari adalah salah satu tempat yang ternama di kota Solo. Jika Anda menjadikan kota Solo sebagai kota untuk liburan Anda selanjutnya, tidak ada salahnya jika Anda berkunjung ke Taman yang pernah digunakan untuk PON I di kota Solo. Agar Anda lebih tahu tentang Taman Sriwedari, Anda wajib menyimak informasi berikut ini.

 

Lokasi Taman Sriwedari

Tentu saja jika Anda orang Solo, Anda dapat dengan mudah menemukan lokasinya. Tetapi bagi Anda yang baru pertama kali berkunjung, sudah pasti menemukan alamatnya saja sudah menjadikan PR tersendiri. Taman Sriwedari yang sudah lama ada di kota Solo ini, dapat Anda temukan di jalan Slamet Riyadi No. 275 Sriwedari Laweyan Surakarta.

 

Sejarah Taman Sriwedari

Sejarah Taman Sriwedari bukan bermula dari Taman digunakan sebagai tempat untuk menyelenggarakan PON yang pertama di Indonesia. Melainkan, Taman yang cukup indah ini sudah ada sejak Pakualaman X. Taman ini pada awalnya dibuat sebagai tempat untuk melaksanakan tradisi Keraton Solo, yaitu Tradisi Malam Selikur.

 

Sekilas Tentang Taman Sriwedari

Sesuai dengan namanya THR Sriwedari, Taman yang didirikan oleh Pakualaman X ini tidak hanya digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan tradisi keraton saja. Terlebih pada zaman sekarang sudah banyak kegiatan lainnya seperti konser musik. Dan sering kali kegiatan yang berkaitan dengan rakyat tersebut diadakan di taman bersejarah kota Solo.

Meskipun sudah lama digunakan sebagai tempat pertunjukkan untuk rakyat, nyatanya kabarnya taman sriwedari akan ditiadakan. Hal tersebut dikarenakan ada tempat wisata yang lebih menjanjikan dibandingkan taman yang hanya digunakan sebagai area pertunjukan saja. Itu menurut pemerintah Solo.

Semula, pemerintah Solo berniat untuk tidak memanjangkan kontrak area Sriwedari dan akan memindahkan ke tempat lain. Namun, beberapa saat setelah itu, pemerintah kota Solo berubah pilihan dan malah ingin menutup taman sriwedari yang sudah 32 tahun beroperasi. Sudah pasti taman tersebut meninggalkan banyak kenangan bagi para pengunjungnya.

Padahal, Taman yang sudah lama ada di Kota Solo ini tidak hanya sebagai sarana panggung hiburan bagi masyarakat. Ada pula masyarakat yang mendapatkan rezeki dari taman tersebut karena di taman tersebut sering digunakan oleh masyarakat sebagai sumber penghasilan dengan menyewakan wahana-wahana permainan bagi para pengunjungnya.

Jika saja Taman Sriwedari tidak akan ditutup, pastilah banyak pengunjung yang semakin sering datang karena tempat wisata ini merupakan tempat wisata murah kota Solo. Walaupun tak perlu menghabiskan banyak uang, tetapi Anda akan mendapatkan kesenangan ketika sudah meluangkan waktu untuk berkunjung ke THR Sriwedari.

Sayangnya, rencana pemerintah Kota Solo untuk menutup Sriwedari agaknya bukan sekedar wacana saja. Mulai minggu lalu, sudah banyak pekerja yang membersihkan lokasi tersebut, termasuk wahana permainan yang ada di Taman Sriwedari. Bahkan, wahana tersebut sudah diangkut menggunakan truk yang besar dan entah mau dipindahkan kemana.

Bagi Anda yang masih penasaran untuk melihat seperti apa Taman hiburan rakyat (THR) Sriwedari, Anda dapat berkunjung ke sana untuk sekedar melihat bekas lokasi wisata tersebut. Atau jika Anda merasa kesulitan menemukannya, Anda dapat menggunakan jasa https://solorentcar.com. Dijamin Anda akan langsung cepat sampai di taman sriwedari.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *