Melihat Proses Pembentukan Karst di Museum Karst Dunia Wonogiri

Ingin melihat kehidupan pra sejarah datanglah ke museum karst dunia wonogiri. Bangunan berbentuk limas ini berada di desa gebangharjo, kecamatan pracimantoro, wonogiri, jawa tengah. Sekelilingnya terdapat bukit kaput pegunungan sewu, yang membuat bangunan ini semakin indah dan mewah. Termasuk museum karst terbesar di asia.

 

Belajar Pra Sejarah di Museum Karst

Seluruh kompleks bangunan ini memiliki luas 25 hektar dan luas bangunan 300 meter persegi. Dibagi menjadi tiga lantai, dengan bentuk semakin ke atas semakin kecil. Pertama kali memasuki museum, anda akan melihat miniatur stalagmit dan stalagtit di lobi depan. Kemudian ada berbagai gambar dan alat peraga tentang pembentukan karst, peta karst, fenomena karst di indonesia dan replika manusia kerdil yang ada di glores.

Di lantai dasar ini terdapat berbagai diorama, alat budaya dan kerangka manusia pra sejarah yang bisa dijadikan ilmu pengetahuan. Di lantai satu bertema karst buat ilmu pengetahuan, sedangkan lantai dasar tema karts untuk kehidupan. Dilantai dua bersiai auditorium untuk rapat, presentasi atau pemutaran film.

Di balkon lantai dua, anda bisa melihat pemandangan perbukitan karst yang mengelilingi bangunan. Sehingga anda bisa melihat perbandingan di alam nyata dan yang ada di museum. Di lantai satu, anda bisa belajar semua hal tentang karst. Tipe, proses pembentukan, dan masih banyak lainnya. Indonesia memiliki banyak daerah yang terdapat karst.

Misalnya di gunung sewu, padang, papua, gombong dan masih banyak lainnya. selain belajar tentang karst, anda juga bisa melihat patung-patung manusia purba. Anda bisa melihat bagaimana karst digunakan manusia purba untuk tingal. Kemudian ada patung kuda nil yang ditemukan di gunung kidul. Konon katanya kuda nil ini berasal dari sungai nil mesir yang sampai di gunung kidul.

Anda juga bisa melihat keanekaragaman flora fauna yang hidup di karst. Di sekitar museum, ada tujuh goa yang bisa anda kunjungi. Ada yang berukuran besar dan kecil. Untuk kesana, anda harus menggunakan kendaraan lagi. Goa tersebut antara lain goa sodong, tembus, sapen, potro bunder, mrica, gilap dan sonya ruri.

 

Tiket masuk Museum Karst

Untuk masuk ke museum ini tidak dikenakan biaya sama sekali. Anda hanya perlu membayar tiket prakir kendaraan saja., museum ini berada dibawah museum geologi dan badan geologi bandung. Setiap hari jumat museum tutup dan setiap harinya buka dari pukul 8 pagi sampai setengah 4 sore. Sejak pertama kali dibuka tahun 2010, museum ini selalu ramai pengunjung.

Dari kota solo, anda bisa menggunakan sewa mobil. Karena menggunakan angkutan umum tidak bisa menuju museum karst dunia. Anda bisa menggunakan sewa mobil dari https://solorentcar.com. dengan harga yang terjangkau dan pelayanan terbaik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *