Melihat Kehidupan Kerajaan di Pura Mangkunegara Surakarta

Menikmati kehidupan kerajaan tidak hanya di Yogyakarta. Anda juga bisa melihat suasana Kraton di Surakarta. Dahulu kerajaan mataram dibagi menjadi dua yaitu kesultanan Surakarta dan Yogyakarta. Kasultanan Yogyakarta dipimpin oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara I. Beliau membuat kerajaan Pura Mangkunegara Surakarta.

 

Melihat Lebih Dekat Pura Mangkunegara Surakarta

Saat ini wilayah ini dijadikan tempat wisata dan sering diadakan pertunjukan seni. Dalam bahasa jawa, pura artinya kerajaan atau istana. Bangunan Pura Mangkunegara memadukan arsitektur Eropa dan Jawa. Memasuki pintu gerbang utama, anda akan melihat pamedan. Tempat ini digunakan untuk pelatihan prajurit mangkunegara. Disini terdapat gedung kecil yang bertuliskan Kavaleria artilerie.

Setelah melewati pintu gerbang kedua, anda bisa melihat pendopo berukuran 3500 meter persegi. Pendopo ini bisa digunakan hingga 10.000 orang. Diseluruh bangunan menggunakan warna hijau dan pari anom kuning. Dibagian langit-langit terdapat hiasan astroligi hindu jawa dan gantungan lampu antik yang indah. Nuansa jawa begitu terlihat di pendopo ini.

Disini terdapat berbagai jenis gamelan. Ada gamelan lipur sari, gamelan kyai kanyut mesem dan gamelan kyai seton. Disekelilinginya terdapat taman yang asri dengan bunga dan semak-semak. Ada beberapa patung khas eropa yang menghiasi taman tersebut. Membuat suasana taman ini semakin indah dan mempesona.

Kemudian ada ruangan bersudut delapan yang dinamakan beranda dalem. Ruangan ini dihiasi dengan lilin dan perabot khas eropa. Dulunya digunakan untuk menjamu tamu kerajaan. Oleh karena itu hiasannya begitu mewah dan elegan. Disini juga tersimpan beraneka ragam benda pusaka milik kraton. Ada pakaian, foto, perhiasan antik. Logam kuno, keris dan lainnya.

Jika berkunjung kesini jangan lupa untuk ikut mangkunegara royal dinner. Ada bisa merasakan makan malam dengan suasana kerajaan. Makanan yang disediakan adalah makanan khas solo yang enak. Disekitar mangkunegara juga terdapat masjid yang bernama masjid al wustho. Masjid ini masih memiliki bangunan khas masa lalu. Selain itu tersimpan beberapa kaligrafi yang tersimpan dengan baik

Setiap malam minggu sepanjang jalan mangkunegara ramai dengan penjual. Anda bisa menemukan berbagai pernak-pernik dan makanan khas solo. Lokasinya sangat strategis, dekat dengan jalan utama solo. Lokasinya di jalan slamet riyadi, lebih tepatnya di jalan urip sumarhajo. Anda bisa naik ojek online, bus trans solo, taksi dan masih banyak lainnya.

Tiket masuknya sangat murah, hanya Rp 10.000. Jika liburan ke solo, jangan lupa untuk berkunjung ke pura mangkunegara surakarta. Anda bisa belajar tentang sejarah kraton solo dan berfoto-foto. Ada banyak tempat menarik untuk berfoto. Selain itu anda bisa menikmati suasana kerajaan yang mewah. Gunakan sewa mobil solo dari https://solorentcar.com supaya lebih mudah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *