Kampung Batik: Tempat Wisata dan Edukasi Kota Solo

Kampung Batik Lawean dapat Anda jadikan sebagai destinasi wisata Anda ketika Anda berkunjung ke Kota Solo Jawa Tengah. Di kampung ini, Anda tidak usah heran jika setiap rumah dapat memproduksi berbagai jenis batik karena kampung ini memang ditunjuk oleh pemerintah sebagai salah satu desa wisata yang ada di Kota Solo.

Tentu saja sebagai pusat pembuatan batik tertua di Kota Solo, kampung batik ini menarik para wisatawan untuk datang berkunjung ke kampung Batik. Pengunjungnya pun tak hanya berasal dari turis local saja melainkan juga dari turis mancanegara. Tidak harus membeli jika datang berkunjung, Anda dapat juga melihat proses pembuatan batik khas Solo.

Lokasi Kampung Batik

Memang sudah tidak asing lagi di telinga ketika kampung batik kota Solo disebut-sebut sebagai desa wisata. Tetapi bagi Anda yang baru pertama kali ke Solo, Anda dapat berkunjung ke daerah Laweyan Solo. Daerah laweyan itulah yang disebut sebagai Kampung Batik tertua dan terkenal di Kota Solo Jawa Tengah.

Sejarah Kampung Batik

Kampung yang hingga sekarang masih mampu menjadikan batik sebagai produk andalannya ini dahulunya diperkenalkan pertama kali oleh Haji Samanhudi. H. Samanhudi adalah salah satu pendiri organisasi di tahun 1912 yaitu Serikat Dagang Islam. Dari situlah awal mula mengapa kampung Batik Laweyan dapat terkenal sampai sekarang.

Daya Tarik Kampung Batik

Ketika Anda berkunjung ke kampung batik, ada banyak hal yang dapat Anda lihat. Yang pertama tentunya Anda dapat belajar membatik. Atau jika Anda masih takut untuk mencoba, Andapun dapat melihat proses pembuatan batik yang sebagian besar masih menggunakan teknik batik tradisional.

Bahkan, saking terkenalnya kampung batik laweyan, masyarakat di Laweyan sengaja membuka workshop membatik bagi mereka yang tertarik untuk mengetahui cara membatik yang benar. Workshop membatik di kampung batik tidak akan memakan waktu yang lama karena Anda hanya akan menghabiskan waktu selama 2 jam saja.

Atau, jika Anda memang berminat untuk mendalami cara membatik yang menghasilkan suatu karya yang mempesona, Anda dapat mengambil paket kursus membatik yang memakan waktu yang lama. Ya, jasa pelatihan membatik tradisional memang sengaja dibuka di Laweyan supaya batik tidak akan punah oleh zaman.

Untuk motif batiknya sendiri, kampung batik sampai sekarang mampu menghadirkan motif batik yang berbeda hingga 250 batik. Meski corak batik yang disuguhkan berbeda, tetap saja ciri khas batik di kampung batik dapat dilihat dari warnanya yang cenderung terang dengan mengusung gaya batik klasik.

Tak hanya itu saja yang membuat kampung batik menarik. Jika Anda memasuki desa wisata yang berlokasi di daerah Laweyan tersebut, Anda akan disuguhkan berbagai bangunan yang masih khas. Bangunan tersebut menyuguhkan gaya arsitek dari mancanegara seperti Eropa, Cina, dan Islam. Dengan begitu, Anda tidak boleh melewatkannya sedikit saja.

Jika Anda berminat untuk berkunjung ke Kampung Batik, jika Anda tidak ingin salah alamat, Anda dapat memanfaatkan jasa dari <https://solorentcar.com>. Jasa rental mobil tersebut akan siap mengantarkan Anda ke kampung batik yang berada di wilayah Solo.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *