Belajar Sejarah di Keraton Surakarta Hadiningrat

Ada dua kraton di solo yaitu keraton mangkunegara dan keraton surakarta hadiningrat. Kraton surakarta dikenal dengan nama keraton kasunanan. Keraton ini didirikan oleh susuhan pakubuwono II sekitar tahun 1744. Lokasinya dekat dengan pasar klewer dan alun-alun, membuat tempat ini sering dikunjungi wisatawan.

 

Menjelajah Keindahan Keraton Surakarta Hadiningrat

Didalam keraton tersimpan berbagai benda pusaka. Ada senjata, patung. Pusaka kerajaan dan lainnya. Bangunannya identik dengan warna biru muda yang terlihat jawani. Di keraton kasunanan terdapat sebuah menara yang bernama menara sanggabuwana. Konon katanya tempat ini dulunya menjadi tempat bertemunya raja dan ratu laut selatan.

Menara sangabuwana dirikan oleh sri susuhan pakubuwono III sekitar tahun 1782. Tingginya sekitar 30 meter dan digunakan untuk mematai belanda di masa penjajahan. Ketika anda masuk ke keraton, ada beberapa bagian yang tidak boleh dikunjungi. Yaitu bagian kediaman raja pakubuwono. Anda bisa berkunjung ke pendopo besa sasana sewaka.

Disini sering diperlihatkan pertunjukan gamelan dan tari. Ketika memasukinya, harus melepas alas kaki dan berjalan di atas pasir yang diambil dari gunung merapi dan pantai parangkusumo. Anda juga bisa melihat museum yang menyimpan banyak benda sejarah. Ada banyak koleksi kerajaan yang disimpan. Seperti tandu, kereta kencana, senjata kuno, patung dan berbagai koleksi antik lainnya

Selain menyajikan peninggalan sejarah, keraton kasunanan juga menawarkan wisata adat. Anda bisa melihat upacara adat, musik gamelan, tarian sakral dan lainnya. Terutama saat malam suro dan sekaten. Akan banyak acara yang diadakan di keraton kasunanan. Sekaten merupakan upacara perayaan yang diadakan setiap satu tahun sekali. Diadakan selama tujuh hari berturut-turut.

Biasanya menjelang hari kelahiran nabi muhammad dan hari terakhir ditutup dengan perayaan gunungan mulud. Selama satu bulan, akan diadakan pasar malam sekaten yang diadakan di alun-alun utara keraton. Sedangkan malam suro diadakan untuk memperingati tahun baru kalender jawa. Acara ini dimulai dengan kirap mubeng benteng dengan membawa pusaka keraton.

Selain itu keraton juga akan membawa kerbau gudel milik pusaka kyai slamet. Cobalah untuk melihat arak-arakan tersebut. Sepanjang jalan solo akan ramai dengan pengunjung. Untuk berkunjung ke keraton kasunanan sangat mudah. Dari arah solo langsung menuju ke daerah benteng menuju alun-alun utara. Sebelum menuju ke alun-alun selatan, anda akan melewati keraton terlebih dahulu.

Lokasinya dekat dengan pasar klewer. Ada banyak tukang becak yang membantu anda menuju ke kawasan ini. Anda juga bisa menyewa mobil dari https://solorentcar.com. Anda akan diantar berkeliling kota solo sepuasnya; termasuk berkunjung ke keraton. Tiket masuk kesini sangat murah, hanya Rp 10.000.

Jika ingin tahu ceritanya, sewalah tour guide, anda akan diceritakan semua sejarah tentang keraton surakarta hadiningrat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *